Saturday 1 November 2014

Dorayaki




Beberapa hari yang lalu aku bikin isian kacang merah. Rencananya mau dibuat dorayaki. Ngiler postingannya mbak Nami "Just One Cookbook". Kacang merah 250 gr aku rendam semalaman. Aku masak sampai empuk dan airnya habis. Lalu aku blender. Setelah itu aku aron lagi di atas api setelah aku tambah gula dan dau pandan serta sedikit garam. Nah dah siap dan aku simpan di kulkas. Hari ini baru eksekusinya.

Sebenarnya dorayaki mirip mirip dengan pancake bedanya di adonan ada sedikit tambahan madunya. Nah madu itu walaupun sedikit ternyata memberi aroma khas pada pancake Jepang ini. Enak dan unik. Untuk resep silahkan buka blognya Nami ya. Di situ lengkap resepnya dalan gram serta step by stepnya. 
Aku lihat hasil kacang merahnya agak beda. Baik dari segi warna dan tekstur. Nah kacang merah yang aku gunakan memang bukan kacang merah Jepang "Azuki" melainlan kidney bean atau brenebon yang biasa buat sup. Apalagi sudah aku rendam semalaman jadi warnanya hilang mungkin. Dan konsistensinya punya Mbak Nami lebih lembek sedangkan aku sudah berupa adonan pasta yang kalis ^^. Sesuaikan selera saja bikinnya.

Oh iya adonanku aku tambahkan 2 sdm susu cair karena masih terlihat terlalu kental. Mungkin ukuran telur berpengaruh ya.

No comments:

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...