Thursday 15 December 2011

Chocolate Mochi Cake

Chocolate Mochi Cake

Dulu aku udah pernah bikin versi ketan hitam dan greentea. Sekarang pingin coba lagi yang rasa cokelat. Menurutku keunikan kue ini terletak pada lapisan luarnya yang renyah (apalagi kalo dipanggang agak lama) dan chewy lembut bagian dalamnya. Benar benar perpaduan serasi antara Barat dan Timur. Padahal penampilan luarnya seperti cupcake biasa. Layak dicoba...recommended banget!! It's free gluten cocok buat yang tidak mengkonsumsi gluten...

Tapi walaupun resep plek aku tiru dari Buttery Fingers...aku perhatikan ada perbedaan di teksturnya. Mungkin karena dia menggunakan tepung ketan khusus "mochiko" sedangkan aku cuman tepung ketan biasa. But finally...yang penting rasanya, enak dan bikin ketagihan. Yang unik, aku menggunakan choco chips tuk taburan tapi entah kenapa cokelatnya pada turun sebagian ke dasar. Tapi 'kecelakaan' ini justru membuat kuenya tambah enak. Ketika baru keluar oven ...cokelatnya meleleh-leleh.

Chocolate Mochi Cake


Resep berikut ini aku ambil dari Buttery Fingers, aku translate ke versiku ya :

Bahan :
- 200 gr tepung ketan
- 20 gr cokelat bubuk
- 85 gr salted butter, lelehkan
- 155 gr gula pasir
- 187 gr susu evaporated
- 2 butir telur
- 1 sdt baking powder
- chocolate chips

Cara membuat :
  1. Panaskan oveb 175C. Ayak tepung ketan bersama cokelat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
  2. Kocok gula dan telur hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer, masukkan butter kemudian susu evaporated.
  3. Turunkan tepung, kocok asal rata saja (jangan terlalu lama).
  4. Tuang di talam muffin yang sudah dioles margarine dan ditaburi tepung terigu. Adonan setinggi 3/4 penuh.
  5. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit atau sampai tusuk lidi keluar dalam keadaan kering.

6 comments:

nanik said...

salam kenal mbak hesti.saya seeneengg bgt ngunjungi blog mbak.barusan saya cobain resep cake ketan ini.tapi krn ga punya butter saya pake margarin.jadi juga sihh...rasanya unik yaa :)) thx for sharing this recipe yaaa

Hesti HH. said...

Salam kenal jg mbak NAnik.

Waaaah hebat, langsung praktek. IYa emang unik, renyah luarnya dan kenyal dalemnya. MAkasih dah berkunjung ya mbak Nanik...^^

Ira Rodrigues said...

resep kukis nya unik pakek tepung beras :)) i love everything chocolate
* anyway soal font yg ditanya hesti, aku dikasih CD sm teman, unfortunately nama2 fonts nya dlm form kode angka. coba browsing satu2 di free fonts sapa tau ketemu *asal sabar :)

Hesti HH. said...

Waaaaaah...Mbak Ira datang berkunjung *beres beres blog*

Makasiiiih mbak, nanti aku coba cari lagi. Emang aku kemarin kurang teliti, karena buanyak banget fontnya ampe mataku juling...hehe

MAkasih kunjungannya mbak IRa...

Rima said...

Happy New year Hesti.. keep on baking.. keep on blogging and posting new recipes.. hv a wonderful 2012 yah..

Hesti HH. said...

Thanks Kak Rima, the same wishes goes to you too. Semoga tahun 2012 menjadi tahun yang penuh barokah...amiiin

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...